Sifat-sifat Zat Cair

Sifat-sifat dari zat cair

Artikel Fisika Kelas 7 SMP dalam bab Sifat zat padat gas dan cair dan wujudnya.

Setelah sebelumnya membahas tentang pengertian atau definisi fluida
Sifat-Sifat Zat Cair


Sifat sifat yang dimiliki zat cair adalah

1. Bentuk dari zat selalu berubah-ubah
Seperti halanya pada zat gas, Bentuk fisik dari zat cair itu sendiri juga selalu berubah-ubah, Berubah-ubahnya zat cair ini di karenakan zat cair bisa menempati semua ruangan, Contohnya Aqua Botol, maka banrtuknya juga akan seperti wadah aqua botol.

2. Permukaannya yang selalu datar
Permukaaan zar cair yang datar dab tenan bila tidak ada gaya yang menggerakan zat cair ini, Contoh pengaplikasianya sering di gunakan untuk pengukuran massa dengan zat cair kedataran, Banyak di gunakan untuk bangunan.

3. Zat cair Mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah
Karakteristik aliran fluida atau Zat cair selalur mengalir dari hulu ke hilir atau dari atas kebawah, contohnya saat anda minum aqua juga.
Kecepatan air juga tergantung dari gravitasi, ketinggian/kemiringan yang dilalui air untuk mengalir serta debitnya.

4. Menekan ke segala arah
Zat cair selalu menekan ke penjuru arah, hal ini bisa di buktikan air berada dimana di bumi ini, walau di dalam tanah sekalipun
tekanan air semakin besar apabila kedalamanya semakin dalam, misalnya di laut, semakin dalam maka tekanannya akan semakin tinggi, ini bisa di buktikan ketika anda menyelam dan mau bernafas susah.

5. Air Meresap melalu celah kecil
Air bisa masuk dan meresap ke pori-pori sekecilpun, ini bisa di buktikan air bisa menembus kaca mobil atau mengembun saat hujan.

Sekian Artikel tentang Sifat-sifat dari zat cair semoga bermanfaat.