3 Pemuaian Pada Zat Padat

Tiga Pemuaian zat padat
Definisi dari pemuaian zat padat adalah memanjangnya atau tambah-nya dimensi atau ukuran benda karena adanya pengaruh lingkungan disekitar kita seperti panas, dingin (suhu) atau Bisa juga dalam kata lain bertambahnya ukuran benda karena benda tersebut menerima kalor.

Pemuaian dapat dibedakan menjadi tiga bagian zat diantaranya:
  1. pemuaian pada zat padat.
  2. pada zat cair.
  3. pada zat gas.
Pemuaian pada zat padat ada 3 jenis yaitu pemuaian panjang (untuk satu demensi), pemuaian luas (dua dimensi) dan pemuaian volume (untuk tiga dimensi). Sedangkan pada zat cair dan zat gas hanya terjadi pemuaian volume saja, khusus pada zat gas biasanya diambil nilai koofisien muai volumenya sama dengan 1/273.

Persamaan muai penjang secara matematis
Persamaan muai penjang
1. Pemuaian panjang (untuk satu demensi) = Bertambahnya ukuran baik panjang, tebal dan lebar, pemuaan ini disebabkan karena benda tersebut menerima kalor.
Pada pemuaian panjang untuk satuan dimensi nilai pemuaian untuk lebar dan tebal sangat kecil tersebut. Sehingga pemuaian dalam lebar dan tebal ini dianggap noal atau tidak ada.
Contoh ialah kawat kecil yang sangat panjang sekali.
Pemuaian panjang benda itu disebabkan beberapa faktor diantarnya panjang awal benda tersebut, koefisien muai panjang dan besar perubahan suhu utnuk benda tersebut.
Koefisien muai panjang suatu benda dapat dipengaruhi oleh jenis benda dan bisa juga oleh jenis bahan. Secara hitungan atau matematika muai benda panjang berhubungan antara, suhu (dingin dan panas), serta koefisien muai panjang dapat dikatakan dengan persamaan pada gambar disamping ini:

Tabel koefisien muai panjang benda
Tabel koefisien muai panjang benda
















Persamaan koefisien muai luas
Persamaan koefisien muai luas
2. Pemuaian luas = bertrambahnya ukuran atau dimensi luas benda karena menerima kalor. Pemuaian luas ini  terjadi pada benda dengan ukuran panjang serta lebar,dan tebalnya sangat kecil sekali bisa juga dikatakan tidak ada. Contoh benda yang mempunyai pemuaian luas tersebut adalah lempeng besi yang lebar sekali dan tipis.
Pertambahan luas zat padat untuk setiap kenaikan 1ºC pada zat seluas 1 m^2 disebut koefisien muai luas (β). Secara matematis hubungan antara luas benda, pertambahan luas, suhu, dan koefisien muai luas suatu zat dinyatakan dengan persamaan berikut:


Persamaan muai volume
Persamaan muai volume
3. Pemuaian volume = Pertambahan dari ukuran volume dari suatu benda itu, karena benda yang menerima kalor. Pemuaian volume ini terjadi jika benda yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tebal. Contohnya adalah kubus, air dan udara. Volume adalah seperti bentuk lainnya dari panjang dalam tiga dimensi oleh karena itu untuk menentukan koefisien muai volume sama dengan tiga kali koefisien pada muai panjang. Sebagaimana yang telah dijelskan diatas bahwa khusus gas koefisien muai volumenya sama dengan 1/273
Persamaan yang digunakan untuk menentukan pertambahan volume dan volume akhir suatu benda adalah. 

Klik Soal dan pemabahsan tekanan zat padat
Untuk melihat sumbernya klik disini