Resultan gaya

SISTIM RESULTAN GAYA
Sasaran Untuk Bab RESULTAN GAYA :
1. Menjelaskan konsep moment satu gaya dan menghitungnya dalam  2 dan 3 dimensi.
2. Menetapkan momen suatu gaya di suatu garis/sumbu.
3. Mendefine the moment of  a couple.
4. Menghitung Resultan sistim gaya nonconcurrent/tidak bersamaan.
5. Mengindikasikan bagaimana mengurangi beban yang terdistribusi ke dalam  sisitim resultan gaya pada suatu lokasi tertentu.

Resultan Gaya
  • Gaya-Gaya Setimbang
Gaya-gaya tidak selalu mengubah kecepatan. Bayangkan dua tim yang sedang tarik tambang. Kedua tim tersebut sama-sama mengerahkan gaya dengan arah berlawanan. Bila kedua tim tersebut tidak bergerak, maka gaya yang dilakukan kedua tim pada tali tersebut sama besar. Gaya yang menarik tali ke kiri diimbangi dengan gaya yang menarik tali ke kanan. Gaya-gaya yang besarnya sama dan arahnya berlawanan yang bekerja pada sebuah benda disebut gaya-gaya setimbang.

  • Gaya-gaya Tak Setimbang
Pernahkah kamu menarik sebuah gerobak yang bermuatan? Untuk membuat gerobak bergerak, kamu harus menarik gerobak tersebut. Jika gaya yang kamu kerahkan tidak cukup besar, kamu mungkin meminta bantuan temanmu. Temanmu mungkin akan menarik gerobak itu bersamamu atau mendorongnya dari belakang. Dua gaya tersebut, yaitu gaya dari kamu dan temanmu akan bekerja pada arah yang sama. Jika dua gaya bekerja pada arah yang sama, maka kedua gaya itu dijumlahkan, seperti
Momen di sumbu z akibat gaya pada sumbu x tegak lurus sumbu y







 RESULTAN MOMENT DARI SUATU SYSTEM GAYA






Previw materi Di Atas




Download Preview/materi Di Atas Klik => Resultan gaya


Preview 2




Untuk Download Preview 2 Klik => Resultan gaya Preview 2