Dasar Teori dan Pengertian Laju Reaksi

Materi Kimia Pengertian laju reaksi.
Kelas, SMP, SMA


Dasar Teori Pengaruh Suhu Terhadap laju Reaksi
Apabila suhu makin tinggi maka reaksi kimia tersebut akan berlangsung lebih cepat, Di teori tumbukan sudah dipaparkan, semakin tinggi suhu tersebut maka molekul2 yang mencapai enegri aktifasinya akan semakin banyak, dan energi aktifasi tersebut tergantungan pada jenis reaksi.

Berdasarkan teori dari tumbukan, laju reaksi akan semakin cepat, jika tumbukan antar partikel-partikel, dan zat yang bereaksi lebih banyak.
Pada umumnya, laju reaksi akan menjadi lebih besar2 kali lipat apabila suhu atau temperatur dinaikkan 10℃.
Jika laju reaksi pada t1℃= v1 dan pada t2℃= v2 maka laju reaksi tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut: v2 =(2∆t/10 ).v1
Kenapa demikian?
Karena partikel-partikel tersebut selalu bergerak dan bergerak. Dengan cara menaikkan temperatur atau suhu, energi gerak molekul akan terus bertambah, sehingga tumbukan antar molekul dan partikel-partikel tersebut akan terus terjadi. Itulah penyebab reaksi kimia akan berlangsung lebih cepat pada suhu yang lebih tinggi.
Disamping itu, suhu juga dapat memperbesar energi potensial dari suatu zat.
Zat memiliki energi potensial yang kecil, jika bertumbukan maka akan sukar menghasilkan reaksi, karena sukar melampaui energi pengaktifan.
Dengan naiknya temperatur, energi potensial zat akan menjadi lebih besar sehingga jika bertumbukan akan menghasilkan reaksi.

Yang mempengaruhi laju reaksi ialah : konsentrasi reakasi, luas pada permukaan, suhu, serta katalis.
Untuk lebih detailnya tentanf faktor yang memperngaruhi leju reaksi kimia klik disini

Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa Pengertian laju reaksi Kimia:
Laju Reaksi kimia : Proses perubahan zat pereaksi kimia menjadi produk.
Semakin bertambahnya waktu reaksi kimia, Semakin pula jumlah zat peraksi kimia tersebut, dan produknya akan semakin banyak pula, Maka kesimpulanya ialah laju berkurangnya reaksi atau terbentuknya laju produk.