praktikum jaringan pada manusia

Ini adalah gambar jaringan pada manusia praktikum jaringan pada Tubuh manusia

 
BAB I PENDAHULUAN
Organ merupakan bagian tubuh yang memiliki satu atau lebih fungsi tertentu. Penyusunorgan adalah beberapa jenis jaringan yang terorganisir dan saling berkaitan satu dg lainnya.Contoh: usus halus, berfungsi mencerna dan menyerap sari-sari makanan. Struktur usus halusterdiri dari jaringan otot, jaringan epitel, jaringan ikat, dan jaringan saraf.Sistem organ merupakan gabungan dari berbagai organ yang melaksanakan satu fungsidalam koordinasi tertentu.Dengan kata lain sistem organ juga merupakan bentuk kerjasama antar organ untuk melakukan fungsi - fungsi yang lebih kompleks lagi sehingga proses yang berlangsungdidalam tubuh suatu organisme dapat berjalan dengan baik sesuai aktivitas hidup organismeyang bersangkutan. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan organ - organ saling bergantung dan saling mempengaruhi satu samalainnya
 
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Sistem organ adalah kumpulan berbagai jenis organ yang berbeda untuk melaksanakansuatu fungsi tertentu.Organ adalah unit structural dan fungsional yang dibentuk dari beberapa jaringan yang berbeda dan melakukan fungsi yang sangat spesifik.Jaringan adalah sekelompok sel-sel yang mempunyai fungsi fisiologis serupa.System-sistem yang terdapat dalam tubuh manusia adalah:
Sistem pencernaan makanan
Alat pencernaan makanan terdiri dari : mulut, kerongkongan, lambung, pylorus, usushalus, dan usus bersar.
Sistem peredaran darah
Sistem peredaran atau sistem transportasi adalah sistem yang memiliki fungsiuntuk menjaga tubuh dari penyakit, menyebar sari makanan atau pengedaran berbagai zatyang diperlukan dan oksigen ke seluruh tubuh serta mengangkut zat-zat sisa yang tidak diperlukan untuk dikeluarkan dari tubuh. Alat transportasi pada manusia terutama adalahdarah. Di dalam tubuh darah beredar dengan bantuan alat peredaran darah yaitu terdiriatas jantung, pembuluh arteri, pembuluh vena, pembuluh kapiler.Selain peredaran darah, pada manusia terdapat juga peredaran limfa (getah bening) dan yang diedarkan melalui pembuluh limfe.Pada hewan alat transpornya adalah cairan tubuh, dan pada hewan tingkat tinggialat transportasinya adalah darah dan bagian-bagiannya. Alat peredaran darah adalah jantung dan pembuluh darah
Fungsi darah :
•Sebagai alat transport :
•O2 dari paru-paru diangkut keseluruh tubuh
•CO2 diangkut dari seluruh tubuh ke paru-paru
Sari makanan diangkut dari jonjot usus ke seluruh jaringan yangmembutuhkan.
• zat sampah hasil metabolisme dari seluruh tubuh ke alat pengeluaran.
• Mengedarkan hormon dari kelenjar endokrin (kalenjar buntu) ke bagian tubuhtertentu.
•Mengatur keseimbangan asam dan basa
•Sebagai pertahanan tubuh dari infeksi kuman
•Untuk mengatur stabilitas suhu tubuh Sel-sel darah (bagian padat)
• Eritrosit (sel darah merah)Tidak berinti, mengandung Hb (protein yang mengandung senyawa hemin dan Feyang mempunyai daya ikat terhadap O2 dan CO2), bentuk bikonkav, dibuat dalamsumsum merah tulang pipih sedang pada bayi dibentuk dalam hati. Dalam 1 mm3terkandung ± 5 juta eritrosit (laki-laki) dan ± 4 juta eritrosit (wanita).Setelah tua sel darah merah akan dirombak oleh hati dan dijadikan zat warna empedu(bilirubin)
 
Leukosit (leukosit) Mempunyai inti, setiap 1 mm3 mengandung 6000 – 9000 sel darah putih, bergerak  bebas secara ameboid, berfungsi melawan kuman secara fagositosis, dibentuk oleh jaringan retikulo endothelium disumsum tulang untuk granulosit dan kelenjar limphauntuk agranulosit.
Trombosit (sel darah pembeku)Tidak berinti dan mudah pecah, bentu tidak teratur, berperan dalam pembekuandarah, keadaan normal 1 mm3 mengandung 200.000 – 300.000 butir trombosit.Untuk keperluan tertentu, misal dalam proses pengambilan darah dari donor, maka pembekuan darah dapat dihindarkan dengan jalan :
Mendinginkan darah mendekati titik bekunya. Tujuannya untuk menhalangi pembentukan trombin.
Memberi garam natrium oksalat atau natrium sitrat. Tujuan mengendapkanion Ca, sehingga pengubahan protrombin menjadi trombin terhambat.
Pemberian heparin atau dikumarol yang merupakan zat antikoagulan (anti pembekuan darah). Zat ini digunakan untuk mencegah pembekuan darahdalam transfusi darah dan pada saat operasi.
Mencegah persentuhan dengan permukaan yang kasar, misal menggunakanalat pengambil darah yang sangat tajam dan permukaan alat yang licin danhalus.
Plasma darah (cairan darah)
Protein, meliputi :
fibrinogen : untuk pembekuan darah
albumin : menjaga tekanan osmotik darah
globulin : membentuk zat kebal / zat antibody
Berdasarkan kerjanya zat anti dibedakan :
 prepsipitin : kerjanya menggumpalkan darah
lisin : memecah antigen
antitoksin : menetralkan racun
• Sari-sari makanan, meliputi :glukosa, asam amino, asam lemak, gliserin
• Garam mineral
• Zat hasil produksi sel, meliputi : hormone, enzim, antibody
• Zat hasil sisa metabolisme, meliputi : urea dan asam urea
• Gas-gas pelepasan, meliputi :
Alat Peredaran Darah
Alat peredaran darah terdiri atas jantung (cor) dan pembuluh (vasa darah).
• Jantung (cor)Merupakan alat pemompa darah. Jantung terdiri dari otot jantung (miokardium),selaput jantung (perikardium) dan selaput yang membatasi ruangan jantung(endokardium). Otot jantung mendapatkan zat makanan dan O2 dari arah melaluiarteri koroner. Peristiwa penyumbatan arteri koroner disebut koronariasis. Jantungterdiri dari 4 ruang, yaitu 2 atrium dan 2 ventrikel.
Atrium (serambi)Merupakan ruangan tempat masuknya darah dari pembuluh balik (vena).Atrium kanan (dekter) dan atrium kiri (sinister) terdapat katup valvula bikuspidalis. Pada fetus antara atrium kanan danatrium kiri terdapat lubangdisebut foramen ovale
 
Ventrikel (bilik)Ventrikel mempunyai otot lebih tebal dari atrium, dan ventrikel kiri lebihtebal daripada ventrikel kanan, karena berfungsi memompakan darah keluar  jantung. Antara ventrikel kanan dan ventrikel kiri terdapat katup valvulatrikuspidalis. Saat ventrikel berkontraksi, darah dari ventrikel kiri yang kayaO2 dipompakan menuju aorta. Sedangkan darah dari ventrikel kanan yangkaya CO2 dipompakan melalui arteri paru-paru (arteri pulmonalis). Bilaventrikel mengendur (relaksasi) maka jantung akan menerima darah varivena cava superior, dan vena cava inferior yang kaya CO2 masuk ke dalamatrium kanan. Sedangkan darah dari pembuluh balik paru-paru (vena pulmonalis) yang kaya O2 masuk ke atrium kiri. Pada jantung yangmengempis (kontraksi) maka tekanan jantung menjadi maksimum disebutsistole. Keadaan jantung yang relaksasi (mengendur) maksimum, makatekanan ruang jantung menjadi minimum disebut diastole. Jantung manusia berdenyut kira-kira 70 – 80 kali setiap menit, sehingga dalam sehari ±100.000 kali. Pada bayi yang baru lahir berdenyut ± 130 setiap menit. Umur 20 tahun ± 72 / menit dan 45 tahun ± 75 / menit.
• Pembuluh darah
• Pembuluh nadi (arteri) : pembuluh darah yang membawa darah dari jantung.
• Pembuluh vena (balik) : pembuluh darah yang membawa darah ke jantung.Macam-macam peredaran darah :
Peredaran darah kecil, melalui : Ventrikel kanan - arteri pulmonalis - paru-paru – vena pulmonalis - atrium kiri atau : Jantung - paru-paru –  jantung
Peredaran darah besar, melalui : Ventrikel kiri - aorta - arteri -arteriola - kapiler - venula - vena - vena cava superior dan vena cavainferior - atrium kanan atau : Jantung - seluruh tubuh – jantung
Sistem portaeDarah sebelum masuk kembali ke jantung terlebih dahulu masuk ke dalam suatuorgan yang disebut sistem portae. Pada mamalia/ manusia hanya terdapat satu sistem portae yaitu sistem portae hepatica.
Pembuluh limpha (pembuluh getah bening)
• Pembuluh limpha dada kanan (ductus limfaticus dekster).Menerima aliran limpha dari daerah kepala, leher, dada, paru-paru, jantung, lengankanan yang bermuara di pembuluh balik di bawah selangka kanan.
• Pembuluh limpha dada kiri (ductus thoracikus).Menerima aliran limpha dari bagian lain danbermuara di pembuluh balik di bawahselangka kiri. Pembuluh inimerupakan tempat bermuaranya pembuluh-pembuluh kilatau pembuluh lemak, yaitu pembuluh yang mengumpulkan asam lemak, yangdiserap oleh usus.Pada kelenjar limpha dibuat sel-sel darah putih limfosit yang berperan dalam pemberantasan kuman penyakit.
Gangguan pada sistem sirkulasi
• Hemofili : darah sukar membeku akibat faktor keturunan (genetis).
Anemia : penyakit kurang darah, akibat kandungan Hb rendah, kurangnya eritrositatau menurunnya volume darah dari normal.
• Polistemia : kelebihan eritrosit akibat meningkatnya viskositas (kekentalan) darah
• Leukimia : kanker darah, akibat bertambahnya leukosit yang tidak terkendali.
Leukopenia : menurunnya jumlah leukosit karena infeksi kuman tifus sehinggaeritrosit dapat menurun hingga 3000 per mm3.
Thalasemia : rendahnya daya ikat eritrosit terhadap O2 karena kegagalan pembentukan haemoglobin (eritrosit pecah). Penyakit ini genetis
Sklerosis : pengerasan pembuluh nadi akibnat endapan senyawa lemak atau zat kapur.Aterosklerosis, bila endapannya lemak. Arteriosklerosis, bila endapannya zat kapur. Sklerosis : pengerasan pembuluh nadi akibnat endapan senyawa lemak atau zat kapur.Aterosklerosis, bila endapannya lemak. Arteriosklerosis, bila endapannya zat kapur.

Trombus & embolus : penyakit jantung yang disebabkan oleh penggumpalan didalam arteri koroner.
• Koronarialis : penyempitan arteri koroner pada jantung.
Varises: pelebaran pembuluh vena dan umumnya di bentis, sedang yang di anusdisebut ameien (hemoroit).
Hipertensi : tekanan darah tinggi.
Hipotensi : tekanan darah rendah.
Eritroblastosis fetalis : penyakit kuning bayi, karena kerusakan darah bayi yang barulahir akibat kemasukan aglutinin dari luar.
• Blue baby : bayi warna biru waktu lahir akibat kelainan jantung (foramen ovale tidak menutup).
System pernafasan (respirasi)
Paru-paru dan jalan udara
System pengeluaran
Ginjal dan kandung kemih
System koordinasi
Otak, sumsum tulang belakang, termasuk juga indra
BAB VKESIMPULAN
• Organ merupakan bagian tubuh yang memiliki satu atau lebih fungsi tertentu.
Sistem Organ adalah bentuk kerjasama antar organ untuk melakukan fungsi -fungsi yang lebih kompleks lagi sehingga proses yang berlangsung didalam tubuhsuatu organisme dapat berjalan dengan baik sesuai aktivitas hidup organisme yang bersangkutan.
• Terdapat beberapa macam sistem organ pada tubuh manusia, diantaranya :
Sistem Ekskresi

• Sistem Pernapasan

• Sistem Reproduksi

• Sistem Peredaran / Transportasi

• Sistem Pencernaan

• Sistem Otot

• Sistem Syaraf 

• Sistem Endoktrin

• Sistem Rangka


otot polos 400x
otot lurik 450x
otot jantung 450x
tulang sejati 100x
osteosit (sel tulang keras) 400x
tulang sejati 40x
tulang rawan elastis 400x
tulang rawan hialin 400x
tulang rawan fibrosa 400x
epidermis 400x
jaringan ikat longgar 100x
jaringan ikat padat tendon 100x
jaringan ikat padat ligamen 400x
jaringan lemak 400x
epithel pipih selapis 400x
epithel kubus selapis 400x
epithel silindris selapis 400x
epithel pipih berlapis 400x
epithel silindris bersilia 400x