Praktikum Osilasi Pegas

Tujuan, Tugas Pendahuluan, Tugas Akhir Praktikum Osilasi Pegas, hal yang akan saya bahas.
  • Tujuan Praktikum Fisika Osilasi Pegas
1. Menentukan besar percepatan gravitasi bumi dengan sistem pegas.
2. Menentukan besar konstanta gaya sistem pegas.
  • Alat dan Bahan Osilasi Pegas
1. Dasar Teori (1set)
2. Beban gantung (1 buah)
3. Penggaris ( besi, 1 m) (1 buah)
4. Stop watch (1 buah)
5. Pegas (3 buah)
6. Statip (1 buah)
C.Neraca Digital (1 buah)

Pegas
Bila sebuah benda pada salah satu ujungnya dipegang tetap, dan sebuah gaya F dikerjakan pada ujung yang lainnya, maka pada umumnya benda itu akan mengalami perubahan panjang ∆x. Untuk bahan-bahan atau benda-benda tertentu, dan dalam batas tertentu perubahan panjang tersebut besarnya berbanding lurus dengan besar gaya yang menyebabkannya. Secara skalar dinyatakan oleh : F = k.∆x, dengan k adalah sebuah konstanta dan gambaran inilah yang dinyatakan dengan hukum Hooke.

Setiap gerak yang berulang dalam selang waktu yang sama disebut gerak periodik atau gerak harmonik. Jika suatu partikel dalam gerak periodik bergerak bolak-balik melalui lintasan yang sama geraknya disebut gerak osilasi. Jika sebuah sistem fisis berosilasi dibawah pengaruh gaya F = -kx , dimana F adalah gaya-pemulih, k konstanta-gaya dan x simpangan, maka gerak benda ini adalah gerak harmonik sederhana.

Salah satu sistem fisis yang mengikuti gerak harmonik sederhana adalah Pegas-Benda. Sistem ini dapat dipergunakan untuk menentukan besar percepatan gravitasi bumi disuatu tempat.
Tujuan, Tugas Pendahuluan, Tugas Akhir Praktikum Osilasi PegasHarus diperhatikan bahwa hukum Hooke ini tidak berlaku pada semua benda atau bahan dan untuk semua gaya yang bekerja padanya. yang digantung vertikal dengan panjang awalnya xo, maka pegas tersebut akan mengalami penambahan panjang sebesar ∆x yang merupakan selisih panjang  pegas setelah diberi gaya terhadap panjang semula.

yang dinyatakan dengan rumus F=K(X1-X0) :


Gaya F di atas disebut gaya pemulih pegas dan untuk keadaan di atas, besarnya adalah F = mg. Bila perubahan panjang pegas dapat diukur dan k dapat dicari dengan cara atau persamaan lain, maka dengan menggantikan harga F pada persamaan  F=K(X1-X0), di atas. dengan mg, kita dapat menghitung percepatan gravitasi.
gambar Praktikum Pegas
Gambar 2.2
Bila beban gantung diberi simpangan dengan amplitudo A yang tidak terlalu besar dan dilepaskan, maka pegas dan beban gantung itu akan bergetar bersama-sama dengan amplitudo dan frekuensi yang sama, sehingga pengamatan terhadap getaran pegas itu dapat diganti dengan pengamatan terhadap getaran beban gantung, dengan hasil yang sama.
Praktikum Osilasi Pegas
2.3
dan besarnya periode getar dapat dinyatakan dengan gambar di samping kanan :

Jika harga T dan massa m dapat diperoleh lewat pengamatan, maka harga percepatan gravitasi g dapat dihitung.
  • Percobaan 1 : menentukan harga konstanata pegas tunggal
1. Tarik ke bawah atau dorong ke atas beban gantung itu ± 1 cm (sedikit, pelan-pelan) kemudian lepaskan dan amati getarannya. (lihat gambar 2.2 ).
2. Bebani pegas dengan beban gantung yang telah diketahui massanya (bila perlu anda melakukan pengukuran ulang). Perhatikan beban gantung dalam keadaan bersih, ukur dan catat massa beban gantung dan panjang pegas pada keadaan itu !
3. Ukur dan catat panjang awalnya ketika belum dibebani, usahakan hindari kesalahan paralak.
4.Gantungkan penggaris bersama pegas pada statip, usahakan pegas tidak bersinggungan dengan penggaris.
5. Pilih salah satu pegas yang telah disediakan, timbang massa pegas (M) perhatikan posisi skala nol neraca sebelum penimbangan dilakukan, usahakan tidak terjadi kesalahan paralak.
6. Amati getaran pada pegas yang telah diberi beban gantung, bila getarannnya telah harmonik, ukur dan catat waktu yang dibutuhkan untuk 10 kali getaran.


7. Lakukan langkah 4 hingga 6 sebanyak 10 kali dengan massa beban gantung yang berbeda-beda (usahakan massa beban gantung awal 150 gr dan penambahan massa dengan massa beban gantung yang terkecil + 20 gr).
  • Percobaan 2 : Menentukan konstanta pegas gandeng
1. Pilih tiga pegas yang telah disediakan, usahakan ketiga pegas tersebut isotropik. Timbang masing-masing massa pegas (M) perhatikan posisi skala nol neraca sebelum penimbangan dilakukan, usahakan tidak terjadi kesalahan paralak.
Konstanta Pegas
2. Gantungkan pegas 1, letakkan beban massa dibawahnya dan ukur perubahan panjang pegas massa yang berbeda–beda (10 data) .

3. Catat dalam tabel ( massa dan panjang pegas) , berdasarkan tabel buatlah grafik hubungan m=f(x) untuk menentukan harga konstata pegas dengan menggunakan nilai g dari hasil percobaan pertama.
4. Ulaingi langkah 2 dan 3 untuk menentukan besar konstanta pegas ke-2 dan ke-3.
5. Gantungkan ketiga pegas tersebut seperti gambar di bawah ini (gambar 2.3).
6. Ulangi langkah 2 dan 3 (usahakan massa beban gantung awal 150 gr dan penambahan massa beban gantung dengan massa beban gantung yang terkecil + 20 gr).
7. Berdasarkan tabel, buatlah grafik m=f(x) untuk menentukan nilai konstanta pegas k1, k2, dan k3. dan konstanta pegas gabungan kg.
8. Apakah hasil kg secara teori sama dengan hasil yang anda dapatkan melalui eksperimen? Berikan penjelasan anda?
  • Tugas Pendahuluan
a. Dalam eksperimen ini kita menggunakan model getaran harmonik? Apa yang dimaksud dengan getaran harmonik? Bagaimana caranya secara eksperimen getaran harmonik ini dapat terjadi!
b. Apa yang dimaksud dengan konstanta gaya pegas? Tuliskan satuan dan dimensi konstanta gaya pegas !
c. Berdasarkan prosedur percobaan 1 dan konsep osilasi harmonik pada pegas, prediksikan grafik T=f(m), berdasarkan grafik ini dapatkah anda menetukan harga konstanta pegas? Bagaimana caranya?
d. Jika anda menerapkan hukum hook pada sistem pegas ini, dapatkah kita membuat grafik m=f( x), berdasarkan grafik tersebut dapatkah kita mennetukan harga konstanta gravitasi di tempat anda melakukan percobaan ? syarat apa yang harus diberikan dan bagaimana caranya?
e. Prediksikan harga konstanta gravitasi ditempat saudara melakukan pengamatan? Mengapa demikian?
f. Jika anda memiliki dua buah pegas dengan konstanta yang sama, turunkanlah persamaan untuk menentukan konstanta pegas gabungan,jika keduanya digambungkan secara seri dan secara paralel!
g. Dengan memperhatikan gambar 2.3, jika konstanta pegas masing-masing k1, k2, dan k3 tentukankah persamaan untuk menentukan konstanta pegas gabungan.
  • Percobaan 1
A. Berdasarkan tabel, buatlah grafik m=f(x) untuk menentukan nilai konstanta pegas k1, k2, dan k3. dan konstanta pegas gabungan kg.
B. Apakah hasil kg secara teori sama dengan hasil yang anda dapatkan melalui eksperimen? Berikan penjelasan anda?
  • Percobaan 2.
A. Buatlah tabel pengamatan, dari tabel tersebut buatlah grafik T=f(m), kemudian tentukan harga konstanta pegasnya. Berdasarkan tabel tentukan pula grafik M =f(x), berdasarkan grafik dan konstanta pegas yang telah anda peroleh tentukan pula harga konstanta gravitasi ditempat anda melakukan percobaan.
B. Bandingkan konstanta gravitasi hasil prediksi anda dan hasil eksperimen, berikan argumentasi anda!
  • Daftar Pustaka
1. Halliday & Resnick, 1978, Fisika, Edisi ketiga, jilid 1 (Terjemahan Pantur Silaban
Ph.D), hal 46, Erlangga, Jakarta.
2. M. Nelkon & P. Parker, 1975, Advanced Level Physics , pp 174 - 176, Thrid Edition,
Heinemann Educational Books, London.

Sekian dari saya tentang Tujuan, Tugas Pendahuluan, Tugas Akhir Praktikum Fisika Osilasi Pegas.