Pengertian Jembatan Wheatstone

Saya akan membahas lengkap tentang, Pengertian, Sejarah, Bagian, Aplikasi dan Prinsip Kerja dan cara kerja dari Jembatan Wheatstone! tentunya di fisika kalaian akan menumukan apa yang namanya Jembatan Wheatstone. Oya sebelumnya saya membahas menjadi Teknisi Komputer yang terampil

Artikel ini akan menjelaskan Pengertian jembatan Wheatstone, dan bagaimana ia digunakan untuk mengetahui hambatan dari resistor yang tidak diketahui.

Pengenalan

Jembatan Wheatstone adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur elektrik resistensi ical dengan metode perbandingan. Pada dasarnya adalah sebuah rangkaian listrik, jembatan Wheatstone digunakan untuk mengukur resistansi dari resistor yang tidak diketahui dengan melewatkan arus yang melalui itu. Apakah Anda tahu bagaimana cara kerja Jembatan Wheatstone? Kalau tidak mari kita cari tahu.

Sejarah Singkat Jembatan Wheatstone

Jembatan Wheatstone pertama kali ditemukan oleh Samuel Hunter Christie pada tahun 1833. Namun, pada waktu itu penemu tidak bisa melihat penggunaan nyata dari itu. Beberapa tahun kemudian, Sir Charles Wheatstone mengklaim berbagai aplikasi dari jembatan wheatstone, dan menunjukkan betapa pentingnya rangkaian jembatan wheatstone tersebut.

Bagian dari Wheatstone Bridge

Secara teknis, jembatan Wheatstone adalah sirkuit elektrik dasar. Pengaturan ini juga terdiri dari sumber listrik seperti baterai dan galvanometer yang bertindak sebagai koneksi antara kedua sirkuit paralel. Kedua sirkuit paralel juga terdiri dari dua resistor masing-masing, dari mana resistensi dari tiga yang tahu dan yang keempat adalah perangkat yang resistensi perlu tahu. Susunan rangkaian ditunjukkan pada gambar.

Prinsip Kerja Jembatan Wheatstone

Tiga resistensi dikenal cabang paralel sudah diketahui. Saat ini diperbolehkan untuk melewati sirkuit. Ketika arus mengalir melalui galvanometer, tiga resistensi disesuaikan adalah sedemikian rupa sehingga pembacaan galvanometer menunjukkan nol. Proses yang sama juga dapat dilakukan dengan memvariasikan perlawanan dari hanya satu resistor. Mari kita lihat bagaimana.

Sekarang anggaplah ada 4 resistor R1, R2, R3 dan Ru. Ru adalah resistor yang resistensi dapat ditemukan dan R2 adalah resistor hanya disesuaikan. Pengaturan ini seperti yang ditunjukkan pada gambar. R1 dan R2 adalah pada satu kaki dan R3 dan Rx berada pada kaki yang lain. Sekarang jika adalah rasio resistensi dari jalan yang dikenal, R2/R1 sama dengan jalan, tidak diketahui Ru/R3 maka pembacaan pada galvanometer terletak di pusat akan menunjukkan nol. Hal ini dilakukan dengan memvariasikan resistansi R2.

Pada titik ini arus dalam galvanometer adalah nol, sedangkan resistensi dari semua tiga resistor dikenal dicatat. Hambatan dari perlawanan diketahui keempat dapat diketahui dengan rumus

R2/R1 = Ru/R3

Atau Ru = R3. (R2/R1)
Pengertian Jembatan Wheatstone

Prinsip Kerja Jembatan Wheatstone


Aplikasi

Pengertian Jembatan Wheatstone
Contoh Aplikasi Wheatstone
Jembatan Wheatstone banyak digunakan untuk percobaan mengukur resistensi kecil dan karena itu ia digunakan dalam aplikasi seperti pengukur regangan dan termometer perlawanan. Sebagian besar merupakan bagian dari rangkaian pengukuran listrik, jembatan Wheatstone adalah bagian integral dari alarm suhu rendah. Untuk misalnya, resistensi termistor yang diukur dengan menempatkan thermistor di tempat perlawanan tak dikenal dalam metode yang dijelaskan di atas. Hambatan dari perubahan termistor karena suhu itu terkena perubahan.Suhu dan ketahanan dari termistor adalah berbanding terbalik satu sama lain. Ini berarti bahwa jika suhu meningkat termistor, ketahanan menurun. Perbedaan suhu antara kedua kaki tercermin melintasi jembatan yang alarm terpasang. Perbedaan suhu akan mengaktifkan alarm.
Baca juga Praktikum atau percobaan jembatan wheatstone

Sumber
www.djb.co.uk / Grafik / Fisika / Electrical_Large / Wheatstone.gif
www.opamp-electronics.com/tutorials/images/dc/00179.png~~V
www.frca.co.uk / images / wheatstone_bridge.jpg


Sekian dari saya mengenai Pengertian Jembatan Wheatstone