Soal Dan Jawaban Zat padat

Soal dan jawaban atau penyelesaian zat padat
Pembahasan
Meliputi kelas 7,9,9,10 sma, smp semester 1 dan 2

1. Bahan dari semikonduktor ialah?kasih beberapa contoh serta gambar ikatanatomnya?
  • Bahan semikonduktor adalah sebuah bahan dengan konduktivitas listrik yang berada di antara insulator dan konduktor. Selain itu bahan semikonduktor disebut sebagai bahan setengah penghantar listrik. Sifat-sifat kelistrikan konduktor maupun isolator tidak mudah berubah oleh pengaruh temperatur, cahaya atau medan magnit, tetapi pada semikonduktor sifat-sifat tersebut sangat sensitif.
  • Bahan semikonduktor yang banyak dikenal contohnya adalah silikon (Si), germanium (Ge) dan Galium Arsenida (GaAs).
Soal Semi Konduktor
Gambarnya-untuk memeperkesar silahkan klik












2. Apakah yang dimaksud dengan semikonduktor intrinsik? Apa pula yang dimaksud dengan semikonduktor ekstrinsik? Berikan contohnya!

  • Semikonduktor intrinsic adalah bahan semikonduktor murni (belum diberi campuran /pengotoran) dimana jumlah electron bebas dan holenya adalah sama. Konduktivitas semikonduktor intrinsik sangat rendah, karena terbatasnya jumlah pembawa muatan hole maupun elektron bebas. Contoh: Silikon Murni, dan Germanium
  • Semikonduktor ekstrinsik adalah semikonduktor yang sudah dimasukkan sedikit ketidakmurnian (doping). Akibat doping ini maka hambatan jenis semikonduktor mengalami penurunan. Semikonduktor jenis ini terdiri dari dua macam, yaitu semikonduktor tipe-P (pembawa muatan hole) dan tipe-N (pembawa muatan elektron).


  • Contoh :GaAs,Semikonduktor intrinsik biasanya hanya terdiri dari Ge atau Si saja, sedangkan semikonduktor ekstrinsik gabungan dari dua jenis bahan atau lebih. 

3. Bagaimanakah memperoleh semikonduktor jenis-n? Berikan gambarannya!
Semikonduktor tipe-n diperoleh dengan Elektron bebas sebagian besar terjadi karena doping, dan sebagian kecil lainnya bersama hole Karena generation akibat agitasi termal. Elektron bebas menjadi pembawa muatan mayoritas dan hole sebagai pembawa muatan minoritas.
Semi konduktor elektron bebas
Semi konduktor elektron bebas
4. Apa yang dimaksud dengan sambungan p-n?Apa yang dimaksud dengan sambungan p-n?
Sambungan p-n adalah daerah dimana semikonduktor tipe p dan semikonduktor tipe n bertemu atau tersambungkan. Jika suatu semikonduktor separuh dikotori sehingga menjadi semikonduktor tipe p dan separuhnya lagi dikotori sehingga menjadi semikonduktor tipe n, maka bidang yang membatasi kedua tipe semikonduktor ini disebut sambungan p-n.

5. Apa yang terjadi apabila sambungan p-n diberi tegangan mundur yang terus diperbesar?Apa yang terjadi apabila sambungan p-n diberi tegangan mundur yang terus diperbesar?

Gambar Karakteristik I-V diode p-n
Gambar Karakteristik I-V diode p-n
Jika tegangan mundur dinaikkan terus (diperbesar), maka pada suatu harga tegangan tertentu terjadi kenaikan arus mundur secara tiba-tiba
Gambar Karakteristik I-V diode p-n
Keadaan ini terjadi akibat adanya efek Zener. Pada patahan Zener (Zener breakdown), medan listrik pada sambungan akan menjadi cukup besar untuk menarik elektron dari ikatan kovalen secara langsung. Dengan demikian akan terjadi peningkatan jumlah pasangan lubang-elektron secara tiba-tiba dan menghasilkan kenaikan arus mundur secara tiba-tiba pula. Efek avalanche terjadi pada tegangan di atas tegangan patahan Zener.Pada tegangan tinggi ini, pembawa muatan memiliki cukup energi untuk memisahkan elektron dari ikatan kovalen.
Diode yang ideal memperlihatkan tidak adanya hambatan aliran arus saat tegangan maju dan terdapat hambatan yang besarnya tak terhingga pada tegangan mundur.

6. Gambarkan susunan rangkaian diode sebagai penyearah :
a) Setengah gelombang
b) gelombang penuh
Rangkaian Penyearah Sederhana
Gambar Rangkaian Penyearah Sederhana / Setengah gelombang 

Rangkaian Penyearah gelombang Penuh
Rangkaian Penyearah gelombang Penuh

7. Apa yang dimaksud dengan tegangan Hall ?
Tegangan hall adalah tegangan yang timbul pada plat tungsten yang diukur pada penunjukan measuring amplifier. Seperti yang dijelaskan dalam permasalahan berikut:
Gambar Efek Hall pada suatu konduktor setelah diberi medan magnet
Gambar Efek Hall pada suatu konduktor setelah diberi medan magnet
8. Tuliskan hubungan konstanta drift dan konstanta difusi?
konstanta drift dan konstanta difusi
konstanta drift dan konstanta difusi
Sekin dari saya tentang Soal Dan jawaban Zat padat