PRAKTIKUM GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)

PRAKTIKUM GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)
LAPORAN PRAKTIKUM GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)
PERCOBAAN PRAKTIKUM GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)

A. Tujuan Percobaan : 
Menyelidiki jenis gerak suatu benda
B. Alat dan bahan : 
1. Sebuah papan luncur
2. Sebuah mobil-mobilan
3. Sebuah ticker timer
4. Sebuah gunting
C. Dasar Teori :

GLBB adalah gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan  percepatan linear tetap dengan kecepatan (percepatan positif), maka  kecepatannya semakin lama semakin cepat yang disebut dengan GLBB  dipercepat. Sebaliknya apabila percepatan berlawanan arah maka  kecepatannya semakin lama semakin lambat dan akhirnya berhenti.  Hal tersebut dinamakan GLBB diperlamabat.

Ciri-ciri benda GLBB adalah : 
1. Perpindahan tiap selang waktunya berubah secara berurutan

2. Kecepatannya berubah secara beraturan
3. Percepatannya tetap

D. Langkah Kerja : 
1. Pasanglah papan luncur secara miring kemudian letakkan mobil- mobilan yang sudah dihubungkan dengan ticker timer di  atasnya.
2. Lepaskan mobil-mobilan dan biarkan bergerak turun di
sepanjang papan luncur sambil menarik pita ketik.
3. Dari pita ketik yang dihasilkan, berilah tanda untuk setiap lima  ketikan. Kemudian potong-potong pita ketik sesuai dengan  tanda yang sudah diberikan.
4. Tempatkan potongan-potongan pita ketik tersebut secara  berurutan hingga diperoleh diagram batang.
5. Dari diagram tersebut, simpulkanlah jenis gerak yang dilakukan  oleh mobil-mobilan tersebut!

F. Analisis Percobaan : 
Dari hasil percobaan di atas (grafik v-t) kita dapat melihat   bahawa kecepatan mobil bertambah selama selang waktu yang sama  yaitu setiap 5 ketik. Pertambahan kecepatan itu dilambangkan oleh ∈v  pada grafik. Gerak ini istimewa dalam arti pertambahan kecepatannya  tetap pada tiap selang waktu yang sama. Hal ini sama dengan dasar  teori GLBB yang menyatakan demikian.  Hasilnya : Jarak antara titik tiap-tiap ketikan bertambah.  

G. Kesimpulan 
Jarak antara setiap ketikan yang bertambah menunjukkan  bahwa mobil-mobilan yang diluncurkan di atas bidang miring  melakukan gerakan GLBB dipercepat. Mobil-mobilan tersebut memiliki  kecepatan yang bertambah beraturan sehingga dapat dikatakan  bahwa mobil-mobilan tersebut mengalami percepatanGerak yang  dihasilkan oleh mobil-mobilan tersebut merupakan GLBB dipercepat. 
Berdasarkan percobaan yang dilakukan, kita akan mendapatkan  karakteristik benda yang bergerak lurus berubah beraturan dipercepat,  yaitu : 
1. Perpindahan tiap selang waktunya bertambah secara  beraturan, 
2. Kecepatannya bertambah secara beraturan, 
3. Percepatannya tetap. Kecepatan menjelaskan kelajuan benda beserta  arahnya, sedangkan percepatan menjelaskan bagaimana kecepatan  benda itu berubah terhadap waktu.