Cara menulis/posting artikel di WikiPedia

Cara menulis posting artikel di WikiPediaCara membuat atau menulis posting atau artikel di WikiPedia, dan Cara mendapatkan backlink dari WikiPedia.
  1. Kumpulkan referensi sumber informasi Anda. Artikel copy paste yang tidak menyebutkan sumber penulis/link/url dan yang tidak terpercaya kemungkinan besar akan dihapus. 
  2. Hati-hati mengenai hal-hal berikut ini: menyalin (agar tidak melanggar hak cipta), copy paste, materi kontroversial, artikel yang sangat pendek, dan artikel tempat lokal.
  3. Cobalah menyunting artikel yang telah ada untuk membiasakan diri dengan menulis dan menggunakan bahasa markah yang digunakan di Wikipedia.
  4. Cobalah membaca beberapa artikel Wikipedia yang lebih baik.
  5. Buat halaman baru.
  6. Jelajahi Wikipedia dulu untuk memastikan artikel dalam subjek tersebut belum ada, mungkin menggunakan nama lain. Jika Anda menemukan telah ada artikel dalam subjek tersebut, sebaiknya alihkan nama yang Anda gagaskan ke artikel yang telah ada tersebut. 
  7. Mengumpulkan referensi sumber yang terpercaya.
  8. Jangan membuat halaman mengenai diri Anda atau teman Anda, halaman yang berupa iklan, atau esai 
  9. Buat daftar referensi sumber Anda. (karena ini sangat penting.)
Cara meulis artikel atau posting di wikipedia yang wajib di ketahui dan harus dilaksanakan :
  1. Berikan sumber tulisan Anda dan jangan pernah memuat tulisan yang berupa opini atau hasil penelitian, Anda sendiri yang belum pernah dipublikasikan di tempat lain. Ensiklopedia adalah sumber tersier yang mendasarkan tulisannya pada sumber primer dan sekunder.
  2. Perhatikan sudut pandang netral, hindari penggunaan kata-kata subjektif seperti “terkenal”, “paling bagus”, dll.
  3. Gunakan bahasa Indonesia benar / ragam formal, "bukan gaya bahasa percakapan". Seperti “nggak” atau “nyari”!.
Yang harus dilakukan sebelum posting artikel di Wikipedia
SEARCH : Cari keyword yang belum ada di Wikipedia. Berhubung Wikipedia kamus digital/online jadi hanya memuat satu macam keyword atu judul artikel. Misalkan sobat ingin menulis artikel pisau, search dulu apakah sudah ada yang menulis, kalau belum sobat bisa langsung posting dengan judul pisau. dan apa bila sudah ada sobat bisa meng-editnya.
Link: Ingat wekipedia adalah kamus, jadi setiap frasa harus ditautkan pada artikel yang sudah ada. Misalkan sobat merintis artikel di wikipedia dengan title Ultrabook dan pada pengertian ultrabook ada kata notebook (kata notebook sudah ada di wikipedia), sobat harus memasang hyperlink ke kata notebook tersebut.
Bantuan Posting artikel di WikiPedia.
Link
[[Cara Posting Artikel Di Wikipedia]] hasilnya Cara Posting Artikel Di Wikipedia
Italic
”Cara Posting Artikel Di Wikipedia” hasilnya Cara Posting Artikel Di Wikipedia

Bold
”’Bold”’ hasilnya Bold
Bold Italic
””’Bold Italic””’ 

Pranala Luar atau Referensi
Pranala luar atau referensi sangat dibutuhkan, seperti sobat menulis laporan pasti ada daftar pustakanya. Begitu juga dengan wikipedia.
Kategori
Jangan lupa mengelompokan artikel sobat sesuai kategori, misalkan sobat menulis artikel dengan title Motor Injeksi berarti kategorinya Teknologi mesin, Teknik otomotif, Sistem bahan bakar.
Menambahkan kategori
[[Kategori: Teknologi Mesin]]
Mari kita mulai dengan beberapa contoh. Untuk membuat halaman baru di Wikipedia.
1. Sekarang, Roy Suryo:
Roy Suryo adalah pengurus Partai Demokrat dan sering menjadi narasumber media massa Indonesia dalam bidang teknologi informasi, fotografi, dan multimedia. Ia pernah menjadi pembawa acara e-Lifestyle di MetroTV.
Contoh tentang BMKG:
BMKG, singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Badan ini sebelumnya bernama Badan Meteorologi dan Geofisika atau disingkat BMG.
1. Artikel tentang tokoh
Pertama, pertimbangkan apakah tokoh yang akan Anda tulis layak masuk sebagai entri ensiklopedia. Apakah dia cukup dikenal dalam lingkup Indonesia? Kepala suatu lembaga pemerintah di tingkat nasional mungkin layak, tapi tokoh masyarakat di lingkungan desa Anda mungkin belum layak. Cara paling mudah untuk memastikan kelayakan adalah bahwa ia pernah beberapa kali dibahas di publikasi lain seperti koran, majalah, dll.
2. Mari kita coba tuliskan artikel sederhana tentang Tukul:
Tukul Arwana adalah pelawak dan pembawa acara Indonesia. Ia terutama dikenal dengan acara Empat Mata yang dibawakannya di Trans7.
Contoh tentang SMA Negeri 1 Blora:
SMA Negeri 1 Blora adalah salah satu sekolah menengah tingkat atas (SMA) di Kabupaten Blora, Indonesia. SMA ini berdiri pada tahun 1959 dan memiliki sekitar 960 siswa pada tahun 2009.
Artikel tentang organisasi
Sama seperti artikel tentang tokoh, pertimbangkan dulu apakah organisasi tersebut layak masuk ensiklopedia atau tidak. Partai politik memang layak masuk, tapi grup musik yang baru didirikan dan tampil di pentas musik kecil tidak layak. Pernah dibahas di media massa juga bisa menjadi ukuran kelayakannya.
Perhatikan bahwa salah satu ciri khas artikel Wikipedia adalah deskriptif, dan biasanya ditandai dengan kata “adalah”. Masing-masing dua kalimat dalam contoh di atas, sudah cukup untuk mengawali artikel Anda. Fakta-fakta yang dipaparkan bersifat netral dan bukan hal-hal yang memerlukan riset terlalu dalam.

Kelayakan tetap harus menjadi perhatian. Tulisan tentang suatu danau, meskipun kecil, di Jawa Tengah layak menjadi artikel ensiklopedia, tapi warung kopi kecil di kampung Anda mungkin belum layak.
Contoh tentang Danau Limboto:
Danau Limboto adalah suatu danau di kecamatan Limboto, Gorontalo, Indonesia. Danau ini merupakan objek wisata bagi penduduk setempat dan sekitarnya dan dapat digunakan untuk aktivitas berenang, memancing, dan lomba berperahu.
Contoh tentang Kampung Sampireun:
Kampung Sampireun adalah suatu hotel dan resor bernuansa perkampungan Sunda di Garut, Jawa Barat. Keunikan yang ada pada objek wisata ini adalah adanya penginapan-penginapan terapung di atas Situ Sampireun.
  • Cara mendapatkan baclink dari wikipedia untuk Blogger
Bagi blogger ini kesempatan kalain untuk mendapatkan baclink dari wikipedia, kali ini saya akan share bagimana mendapatkan baclink dari wikipedia yang benar.
Meta Keyword Tag
Setiap tulisan di Wikipedia memiliki meta keyword tersendiri, hal ini berbeda dengan website dan blog biasa yang hanya memiliki meta keyword pada halaman depan saja. Bahkan Wikipedia berani bermain dengan mengulang-ngulang keyword yang sama lebih dari satu kali. Yang terpenting keyword yang berada pada meta tag tak lebih dari 4-6 keyword saja.
Pagerank dan Link Popularity
Rata-rata setiap artikel di wikipedia memiliki nilai pagerank 2 bahkan 5, selain itu linknya juga cukup populer.
Pengulangan Kata pada Body Tulisan
Biasanya tulisan yang ada di Wikipedia selalu dijejali dengan kata kunci (keyword) yang sesuai dengan pembahasan.
Link Masuk – Link Keluar, Relevan.
Kelemahan tulisan pada webiste dan blog diluar Wikipedia adalah banyaknya link masuk dan keluar yang tidak relevan dengan isi pokok pembahasan. Jika kita membuat tulisan tentang Seo, seharusnya link masuk dan link keluar yang berada di sekitar tulisan berkaitan dengan tulisan tersebut.
Satu lagi kelebihan dan rahasia Wikipedia, setiap tulisan mempunyai template/theme tersendiri dan tentu saja hal ini bisa menghindari link tak relevan seperti pada blog personal yang memiliki link tidak sesuai dengan isi pokok pembahasan. Percayalah, Google menilai hal ini.
Judul (title) Tak Terlalu Panjang
Hal ini bukan sekedar mengesankan dan mudah diingat tetapi juga fokus pada satu kata kunci. Google akan memperkuat keyword satu kata (contoh: tutorial), paling banyak keyword dua kata (contoh: seo tutorial). Di mata Google judul “Seo Tutorial” lebih cantik dan fokus daripada “Seo Tutorial, Tempat Belajar SEO”.
Isi Tulisan Fokus
Jika judul tulisan pada Wikipedia itu tentang Kota Semarang, maka tidak akan ada tulisan tentang kota Bandung, Google, apalagi tentang cara membuat website gratis. Artinya body artikel fokus, sesuai dan bersinergi dengan judul. Google menganggap hal ini suatu relevansi cantik dan pantas untuk ditempatkan pada puncak hasil pencariannya.
Karena Lebih Tua
Kebanyakan artikel Wikipidea yang ada dipuncak itu sudah tua dan berumur tahunan, memang ini merupakan “kelemahan” Google dimana tulisan yang lebih tua lebih berpeluang berada di posisi puncak hasil pencarian. Makanya, jika ada ide tentang suatu hal cepat dibuat dan diterbitkan.
Semuanya Tentang Brand
Jika misalnya saudara Hakimtea membuat tulisan tentang SEO, orang akan percaya karena kredibiltasnya tapi jika saya, kemungkinan besar orang kurang percaya. Semua ini tentang Brand, maka bangunlah Brand blog Anda. Coba lihat setiap judul artikel Wikipedia di hasil pencarian Google, selalu tersemat: ”judul tulisan – Wikipedia Bebas. Nah orang percaya dengan embel-embel (Brand) Wikipedia-nya.
Permalink (url artikel) Sesuai Judul
Jika judul artikel wikipedia itu adalah George W. Bush maka permalink atau url artikelnya adalah http://en.wikipedia.org/George_W_BushPermalink sesuai judul tulisan bernilai 100 di mata Google dan Google kurang bersahabat terhadap permalink seperti http://en.wikipedia.org/cat=23.
Selalu Diupdate
Wikipedia bisa diutak-atik oleh siapa saja walaupun akhirnya ditertibkan juga oleh sang pemilik. Pengaruhnya, dimata Google hal ini tentu saja dipandang sebagai penga-update-an reguler, Google menilai artikel itu selalu terlihat baru. Makanya kawan-kawan blogger, box komentarnya di dofollow dong jadi setiap ada komentar baru, Google menganggap itu sebagai sebuah peng-update-an.
Masih ada rahasia lain tentang bagaimana tulisan-tulisan Wikipedia bisa berada pada puncak hasil pencarian Google?, kasih tahu ya.
Sekian dari saya Cara membuat / menulis posting / artikel di WikiPedia dan Cara mendapatkan backlink dari WikiPedia.