Perbedaan website dan blog

Perbedaan antar website dengan blog, Banyak orang tidak mengetahui perbedaan atau ciri-ciri web dengan blog, Artikel ciri-ciri website dan blog ini saya kumpulkan dari beberapa sumber.


Perbedaan Blog : singkatan dari “web log” adalah, bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan atau posting, pada sebuah halaman blog umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama). Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si admin/pemilik blog tersebut.
Perbedaan Website : adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Sebuah webiste sering kali bersifat statis dan aplikatif, sedang sebuah blog bersifat dinamis dan personal menurut opini saya.

  • Fungsi / kegunaan blog 

1.      Pengunjung dapat meninggalkan komentar
Hal ini memciptakan banyak perbedaan. Jika website biasa hanya menyediakan “komunikasi satu arah”, pengunjung hanya menerima apa yang mereka baca di halaman web tersebut tanpa bisa mengomentarinya, sedangkan blog memberikan “komunikasi dua arah” pada pengunjung. Konten yang di publikasi dapat diberi komentar, dan komentar dapat dibalas dengan pengunjung lain ataupun pemilik blognya.
2.      Artikel atau konten diupdate secara berkala
Ini juga salah satu perbedaan yang menonjol. Namanya aja buku harian jadi ya harus diupdate setiap hari dong.hehe. Gak harus setiap hari, tapi yang jelas blog identik dengan update posting tapi kalau web sekali update langsung jalan dan informasinya tidak berubah-ubah. 
3.      Artikel diurutkan secara kronologis dengan artikel terbaru di depan.Dulu, blog ibarat buku harian. tempat untuk menulis inspirasi di dunia maya. tempat mengungkapkan isi hati dan tempat curhat. maka dari itu blog diurutkan berdasarkan waktu. tapi perkembangan zaman blog juga digunakan untuk berbagi informasi (posting tutorial) dan bahkan sekarang blog juga bisa untuk mencari uang. 
4.      Mudah dalam menambahkan konten baru
Karena blog dicipta sebagai buku harian online maka fiture yang diutamakan adalah mudah dalam mengelola artikel untuk update setiap saat. Hal ini membuat pengguna internet awam dapat mempublikasikan tulisannya dengan mudah, dan mendorong penyebaran blog.
  • Fungsi / Kegunaan Website.
Tidak semua website dirancang untuk kebutuhan artikel saja. Banyak Penyedia Jasa Layanan web yang sengaja membuat Team Programmer untuk merancang Website yang khusus digunakan untuk kebutuhan tertentu seperti :
  • . Sistem Absensi Pegawai.
  • Sistem Informasi Perpustakaan.
  • E-Learning (Pembelajaran Online).
  • Web SIA (Sistem Informasi Akademik).
  • Sistem Informasi Kepegawaian
  • dan lain-lain.
Tentu saja hal yang tidak bisa dilakukan oleh platfrom Wordpress.com dab Blogspot.com
URL
Bagi Perusahaan / Lembaga / perorangan yang ingin web contohnya untuk kepentingan bisnis, sangat menjaga sekali profesional dari web yang akan digunakan untuk mempromosikan usahanya tersebut.
Bila URL dari web bisnis kita ada wordpress.com atau blogspot.com di belakangnya akan mengakibatkan hal hal seperti berikut :
  • Kita disangka tidak serius dalam mengelola bisnis, webnya saja gratisan, mungkin aja usahanya hanya fiktif dan hanya menipu saja. 
  • Menimbulkan keraguan bagi calon pelanggan yang akan membeli produk yang kita tampilkan di website.
Berbeda kalo kita menggunakan domain dan hosting berbayar seperti .com .net .biz dll, kita akan dianggap serius dalam mengelola bisnis yang kita lakukan sehingga pelanggan tidak ragu-ragu dalam mentransfer uang untuk membeli produk yang kita jual.
Banyak sekali web yang menyediakan penjualan Online, dan kebanyakan pelanggan lebih percaya pada website yang dikelola dengan serius (bukan gratisan). Karena saya pribadi pun selalu berpikiran yang sama jika akan melakukan transaksi secara online.
Bahkan untuk kebutuhan Boutique Online, walaupun mereka punya blog untuk memperlihatkan photo baju2 yang ada, tetapi mereka tetap memiliki web khusus yang menyediakan layanan pemesanan Online yang tidak gratis tentunya.Sekian dari say mengenai Perbedaan antar website dan blog.